20 Manfaat Daun Jarak Merah Untuk Kesehatan & Pengobatan

20 Manfaat Daun Jarak Merah Untuk Kesehatan & Pengobatan - Hallo sahabat Blog Artikel Kesehatan, Pada kempatan kali ini admin akan memberikan sedikit artikel kesehatan yang berjudul 20 Manfaat Daun Jarak Merah Untuk Kesehatan & Pengobatan, dengan beberapa pembahasan yang tentunya bermanfaat untuk kita semua. Semoga apa yang saya sampaikan dapat anda pahami dan bisa diterapkan. okelah, ini dia informasi yang bisa anda baca.

Kata Kunci Artikel : 20 Manfaat Daun Jarak Merah Untuk Kesehatan & Pengobatan
Judul Artikel : 20 Manfaat Daun Jarak Merah Untuk Kesehatan & Pengobatan

lihat juga


20 Manfaat Daun Jarak Merah Untuk Kesehatan & Pengobatan

Daun jarak merah memiliki nama ilmiah Jatropha gossypifolia L. Ini merupakan jenis daun jarak yang memiliki warna merah keunguan.

Sebenarnya masyarakat Indonesia sudah cukup mengenal yang namanya daun jarak, dimana daun ini sering dimanfaatkan untuk pengobatan alami.

Ada beberapa jenis tanaman jarak selain jarak merah, yaitu jarak pagar (Jathropa Curpas L.), jarak kepyar (Riccius communis Linn), dan jarak bali (Jatropha Podagrica Hook).

Daun Jarak Merah
Gambar: Daun Jarak Merah

Manfaat daun jarak merah ini tidak cuma diandalkan dalam mengobati penyakit yang menyerang bagian dalam tubuh, tapi juga sering digunakan untuk pengobatan luar.

Daun jarak merah memiliki kandungan kalsium oksalat, tannin dan sulfur. Selain itu memiliki kandungan senyawa alkaloid jatroiden, lipid, isagodain, jatrofon, jatrofeno, jatrofolon A-B, fraxetin dan lainnya.

Selain itu, akar jarak merah memiliki kandungan senyawa alkalloida. Batangnya megandung tannin dan belerang. Adapun biji jarak merah bisa menghasilkan minyak yang mengandung zat anti karsinogen. Karsinogen merupakan zat penyebab kanker.

Manfaat Daun Jarak Merah

1. Mengobati Penyakit Kulit
Penyakit kulit bisa menganggu aktivitas sehari-hari dan juga menurunkan penampilan. Penyakit yang menyerang permukaan kulit tubuh ini umumnya akibat kurang baiknya dalam menjaga kebersihan tubuh. Penyakit kulit juga bisa terjadi akibat jamur, alergi dan lemahnya sistem imun tubuh.

Untuk menyembuhkan penyakit kulit akibat jamur dan lainnya, maka manfaatkan daun jarak merah ini. Anda hanya perlu merebus daun jarak merah yang manfaatnya diyakini bisa mengobati beberapa jenis penyakit kulit.

Rebus daun jarak merah dengan air bersih, lalu gunakan air rebusan tersebut nantinya untuk disiram pada bagian kulit tubuh yang bermasalah.

2. Menyembuhkan Sembelit 
Masalah gangguan pencernaan seperti sembelit akan bisa sangat mengganggu, bahkan bisa membuat penderitanya bolak-balik ke kamar mandi, sehingga sangat mengganggu kegiatan atau pekerjaan.

Saat sembelit maka tinja mengalami pengerasan sehingga sulit untuk dikeluarkan, yang masalah sembelit ini bisa menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya.

Penyebab terjadi sembelit karena banyak hal, seperti:
  • Kurang minum air putih
  • Kekurangan asupan serat dari makanan
  • Kurang melakukan olahraga
  • Sering mengalami stress
  • Adanya gangguan fungsi usus
  • Kebiasaan buruk menahan BAB
  • Lainnya.

Tidak jarang orang-orang yang yang mengalami sembelit langsung mengambil keputusan untuk menggunakan obat-obatan seperti obat pencahar.

Nah, Anda tidak perlu selalu tergantung pada obat kimiawi, Anda bisa menggunakan cara alami agar sembelit bisa segera sembuh yaitu dengan memanfaatkan daun jarak merah. Berikut cara memanfaatkannya:
  1. Pertama-tama sediakan 3 lembar daun jarak merah segar.
  2. Lalu daun jarak merah tersebut Anda bersihkan dengan air mengalir.
  3. Lalu olesi daun jarak merah dengan minyak kelapa murni.
  4. Anda panaskan daun jarak merah tersebut menggunakan api yang kecil saja, hingga daun jarak tampak layu.
  5. Matikan api, lalu ketika daun jarak merah masih dalam kondisi hangat maka segera balurkan pada perut (pastikan kondisi daun tidak terlalu panas sehingga tidak menyakiti perut).

Khasiat daun jarak merah ini dapat untuk menyembuhkan dan mengurangi rasa sakit akibat sembelit, hingga juga bisa mengurangi rasa mual.


3. Meredakan Rasa Nyeri
Rasa nyeri seperti nyeri pada tulang atau bagian tubuh lainnya, bisa cukup menyakitkan dan juga menghambat aktivitas atau pekerjaan sehari-hari. Rasa nyeri yang muncul pada tubuh bisa diredakan dengan bantuan daun jarak merah ini.

Untuk meredakan nyeri dengan memanfaatkan daun jarak merah ini, maka caranya dengan merebus daun jarak merah, lalu ketika daun jarak merah sudah hangat maka balurkan pada bagian tubuh yang mengalami nyeri.

Demikian juga air rebusannya yang dalam keadaan hangat bisa disiram pada bagian tubuh yang terasa nyeri. Manfaat dari melakukan ini akan membantu untuk menghilangkan rasa nyeri.

4. Menyembuhkan Sakit dan Nyeri Gigi
Jarak merah bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengobati sakit dan nyeri gigi. Anda bisa memanfaatkannya dengan menjadikan daun jarak merah sebagai obat kumur.

Sakit pada gigi menyebabkan kondisi gigi akan menjadi ngilu dan nyeri, yang terkadang bahkan rasa sakitnya tidak tertahankan. Khasiatnya daun jarak merah juga bisa menghentikan pendarahan pada gusi.

5. Menghentikan Pendarahan pada Gusi
Agar bisa mengentikan pendaharan pada gusi dengan daun jarak merah, caranya dengan merebus daun jarak merah sampai mendidih. Setelah air rebusan matang maka tunggu hingga hangat. Gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur, yang khasiatnya bisa mengatasi pendarahan pada gusi.

Dilansir dari laman Merdeka.com, bahwa salah seorang warga bernama Nok Tentrem, kolektor sekaligus pedagang tanaman hias di Kelurahan Kowangan, Kabupaten Temanggung mengatakan bahwa jarak merah atau wulung mempunyai ciri dasar daun berwarna merah, memiliki duri, dan mengeluarkan buah yang juga berwarna dominan merah.

Nok Tentrem menyebutkan manfaat jarak merah sebagai obat herbal ada banyak. Pemanfaatan jarak merah bisa sebagai obat pencahar, mengobati sakit gigi, pendarahan gusi, mengobati akibat patukan ular, sengatan kalajengking, menyembuhkan sembelit, hingga menghilangkan rasa nyeri.

“Banyak sebenarnya manfaat tanaman ini,” kata Nok Tentrem.

6. Ramuan Alami untuk Menyembuhkan Patukan Ular dan Sengatan Kalajengking
Kedua jenis hewan tersebut termasuk hewan yang berbahaya. Patukan ular maupun sengatan kalajengking akan berbahaya dan menimbulkan luka pada tubuh.

Untuk mengatasi dampaknya, maka bisa dengan memanfaatkan daun jarak merah sebagai obat tradisional, yang khasiatnya bisa membantu menyembuhkan dan membersihkan patukan ular ataupun kalajengking.

7. Meredakan Demam
Ketika demam mendera tubuh maka akan mengharuskan penderitanya untuk istirahat cukup lama, agar tubuh bisa kembali pulih.

Saat demam, Anda tidak disarankan mandi air dingin, hendaknya Anda mandi air hangat. Agar bisa meredakan demam maka manfaatkan air rebusan daun jarak merah ini. Berikut caranya:
  1. Pertama-tama sediakan sekitar 15 lembar daun jarak merah.
  2. Kemudian Anda cuci daun jarak merah tersebut hingga bersih.
  3. Rebuslah daun jarak merah bersama air secukupnya, biarkan sampai mendidih.
  4. Setelah itu, manfaatkan air rebusan hangat tersebut untuk mandi (diguyurkan ke tubuh), sehingga dapat meredakan demam.

Loading...

8. Mengobati Memar
Memar umumnya terjadi karena adanya benturan yang dialami oleh tubuh. Terjadinya benturan tubuh dengan benda keras berakibat munculnya bekas yang akan hilang dalam waktu cukup lama, selain itu jika disentuh akan terasa nyeri.

Agar bisa menyembuhkan memar yang dialami bisa dengan memanfaatkan daun jarak merah, berikut caranya:
  1. Pertama-tama sediakan tiga lembar daun jarak merah yang segar.
  2. Setelah itu cuci daun tersebut hingga bersih.
  3. Lalu Anda tumbuk daun tersebut sampai hancur, lalu campurkan dengan minyak kelapa (secukupnya).
  4. Setelah selesai mencampurkan, maka tinggal aplikasikan atau bubuhkan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang mengalami memar.
  5. Selesai.

9. Mengobati Masuk Angin
Daun jarak merah bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masuk angin yang menyebabkan aktivitas sangat terganggu. Nah, berikut di bawah ini caranya:
  1. Siapkan 2-3 lembar daun jarak merah.
  2. Lalu cuci bersih daun tersebut dengan air mengalir.
  3. Lalu Anda olesi daun tersebut dangen minyak makanan (minyak goreng).
  4. Lalu panaskan daun dengan api sementara saja (sampai menjadi layu).
  5. Nah, setelah itu tempelkan ramuan daun jarak merah ini kebagian punggung guna mengobati masuk angin.

10. Membunuh Kuman dan Bakteri
Kandungan di dalam daun jarak merah memiliki sifat anti bakteri dan anti kuman. Dimana keberadaan kuman dan bakteri yang meyerang tubuh menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit bagi tubuh.

Anda bisa memperoleh manfaat ini, dengan cara membuat air rebusan daun jarak merah, lalu setelah air rebusan hangat siramkan pada tubuh (seperti halnya saat mandi).

11. Sebagai Pengobatan Alami Penyakit Hernia
Penyakit hernia merupakan jenis penyakit yang menyebabkan otot perut kehilangan elastisitasnya, disebabkan adanya tekanan usus yang cenderung turun ke bagian bawah perut hingga sampai pada bagian kantung buah zakar.

Penyebab seseorang terkena penyakit hernia:
  • Sering mengejan sangat keras saat BAB.
  • Sering mengangkat beban yang sangat berat.
  • Adanya penumpukan cairan di dalam abdomen (rongga perut).
  • Terjadinya kenaikan berat badan secara sigifikan, sehingga secara tiba-tiba mengalami kelebihan berat.
  • Mengalami batuk berkepanjangan.

Daun jarak merah bisa Anda gunakan untuk membantu pengobatan hernia secara alami. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Sediakan sebanyak 10 helai daun jarak merah, cuci hingga bersih menggunakan air mengalir.
  2. Lalu campurkan daun jarak merah dengan sedikit garam.
  3. Setelah dicampurkan, lumatkan daun tersebut sampai benar-benar halus.
  4. Setelah selesai melumatkan, maka tempelkan ramuan alami tersebut pada bagian tengah telapak tangan dan telapak kaki

Lakukan perawatan alami ini secara rutin, kalau bisa lakukan setidaknya satu kali dalam sehari selama dua bulan.


Khasiat Daun Jarak Merah Lainnya

Daun jarak merah sering digunakan untuk pengobatan, dengan mencampurkan rebusan daun jarak merah dengan air, yang kemudian digunakan seperti halnya saat mandi.

Khasiat seperti untuk mengobati perut yang terasa sakit ataupun mulas, mengobati susah BAB, mencret, perut kembung, bahkan juga bermanfaat untuk pengobatan pada anak-anak. Anda hanya perlu menggunakan daun jarak merah 3 lembar, lalu oleskan dengan minyak kelapa secukupnya, lalu panaskan diatas api (jangan terlalu panas), lalu tempelkan daun hangat tersebut ke bagian perut.

Pemanfaatan daun jarak merah juga bisa untuk mengobati masuk angin pada bayi, dengan menyiapkan 2-3 helai daun jarak, lalu diolesi dengan minyak makanan (minyak goreng), lalu dipanaskan dengan api (daun jangan sampai terlalu layu). Tempelkan daun hangat tersebut pada perut atau punggung bayi.

Selain itu, Anda dapat memanfatkannya untuk pengobatan penurun panas pada bayi, sediakan daun jarak secukupnya, lalu dioleskan minyak kelapa, lalu daun tersebut dipanaskan, setelah selesai maka letakan daun hangat tersebut dikening bayi.

Manfaat-manfaat lainnya:
  • Menetralkan racun, untuk membersihkan racun di dalam tubuh sehingga tidak berkembang untuk menjadi zat berbahaya bagi tubuh.
  • Mengatasi pendarahan pada luka dan pendarahan ketika mimisan. Juga untuk membantu tubuh dalam pembekuan darah.
  • Melancarkan BAB.
  • Mengobati nyeri persendian.
  • Mengobati penyakit kulit, panu, kurap, serta melindungi kulit dari jamur, borok, panu, dsb.
  • Menyehatkan gigi

Pohon jarak ini sebenarnya sudah terkenal dari dulu, bahkan tanaman ini menjadi rebutan para penjajah. Pada jaman penjajahan Jepang, tanaman jarak ini diwajibkan untuk ditanam di pekarangan rumah, hal itu karena bijinya yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar minyak (BBM).

Pemanfaatan jarak merah sebenarnya tidak begitu dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal itu disebabkan daun jarak merah konon mengandung racun sehingga tidak boleh dikonsumsi. Lebih baik Anda memanfaatkannya sebagai pengobatan luar. 


Demikianlah Artikel 20 Manfaat Daun Jarak Merah Untuk Kesehatan & Pengobatan

Sekian admin 20 Manfaat Daun Jarak Merah Untuk Kesehatan & Pengobatan memberikan sedikit informasinya, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Tunggu informasi lainnya dan jangan lupa share dan bagikan ke teman-teman yang membutuhkan informasi ini.

Anda sedang membaca artikel 20 Manfaat Daun Jarak Merah Untuk Kesehatan & Pengobatan dan artikel ini url permalinknya adalah http://kakijamuran.blogspot.com/2017/08/20-manfaat-daun-jarak-merah-untuk_7.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

2 Responses to "20 Manfaat Daun Jarak Merah Untuk Kesehatan & Pengobatan"

  1. NYABIL KAYU Dr Kasugihan HERBAL MEDICINE MEMBANGKAN AKU DAPATKAN KIDUNG AKU 3 TAHUN HERPES Sampurasun sadayana, am ti Texas Amérika Serikat anu kaserang panyawat (HERPES) saprak taun 2015 sareng ngalaman nyeri konstan, khususna dina tuur kuring. Salila taun kahiji, kuring iman ka Gusti yén kuring bakal disageurkeun sakedik waé. Panyawat ieu mimiti sumebar di sakumna awak kuring sareng kuring parantos dirawat ku dokter, sababaraha minggu ka tukang kuring milarian dina internet lamun kuring tiasa mendakan naon waé inpormasi ngeunaan pencegahan panyakit ieu, dina milarian kuring ningali kasaksian ngeunaan jalma anu parantos aya tina panyawat (Hepatitis B sareng Kanker) ku Pimpinan Manusia Dr Harta ieu sareng anjeunna ogé masihan alamat email tina jalma ieu sareng mamatahan kami kudu ngahubungan anjeunna pikeun naon waé panyawat anu anjeunna bakal ngabantosan, janten kuring nyerat ka Kapala Dr Harta anu nyaritakeun anjeunna ngeunaan kuring (HERPES Virus) anjeunna ngawartoskeun kuring henteu hariwang yén kuring bakal diubaran !! hmm kuring henteu percanten deui ,, saatosna ogé prosedur sareng ubar anu dipasihkeun ku abdi ieu sababaraha minggu ka hareup kuring mimiti ngalaman parobahan sadayana kuring salaku Dokter ngajamin yén kuring parantos diubaran, saatos sababaraha waktos kuring angkat ka dokter kuring ka dikonfirmasi upami kuring tungtungna tiasa sembuh kasihatan éta BENAR, Janten babaturan kuring mamatahan nyaéta, upami anjeun ngagaduhan panyawat sapertos anu sanés sapertos hépatitis A, B, C, CANCER, HPV, HIV / AIDS, DIABETES 1 AND 2, PENIS MASALAH, PEMBANGUNAN DARAH DENGAN, EKLUKAN LUKU, PELUPUSAN PENIS DAN SUKU deui ....... anjeun tiasa ngirimkeun email ka> (wealthylovespell@gmail.com) atanapi nyauran sareng Whats App anjeunna dina +2348105150446, kuring nganuhunkeun pisan pikeun bantosan na. abdi bakal salawasna nyarankeun anjeun ka réréncangan !!! Hatur nuhun.

    ReplyDelete
  2. Herpes mangrupikeun panyakit anu serius sareng mundur anu henteu tiasa diubaran ku ubar atanapi suntikan ku dokter Amérika, tapi cara anu pangsaéna pikeun ngalawan herpes nyaéta nyandak obat-obatan herbal alami pikeun éta, kuring maca ngeunaan DR JAMES, dokter herbal hébat anu matak ngobati kuring. herpes sareng ubar herbal anu kuat. Kuring ngahubungi anjeunna pikeun milari kumaha anjeunna tiasa ngabantosan kuring sareng anjeunna ngawartoskeun kuring henteu salempang yén anjeunna bakal ngabantosan abdi sareng obat-obatan campuran herbal anu kuat! Saatos 2 dinten hubungan sareng anjeunna, anjeunna parantos nyarios yén tamba parantos siap na anjeunna ngintunkeun ka abdi liwat DHL COURIER SERVICE sareng éta ngagaduhan ka abdi dina 3 dinten! Abdi nganggo obat sapertos diarahkeun (MORNING and EVENING) sareng kuring diubaran! Memang resep impian tapi kuring resep pisan! pikeun jalma anu kaserang panyakit di handap ieu, Kanker, hypothyroidism, Herpes, COPD, HIV, rematik, Hpv, Infections, Panyakit ati, Panyakit Autoimun, Panyakit Parkinson, Lupus sareng seueur deui anu kedah ngahubungan anjeunna kanggo ubar-herbal na sabab kuring mangrupikeun kasaksian hirup sareng Kuring diubaran ku herpes sareng ubar na sah. Kuring ngutus anjeunna naon anu anjeunna nyuhunkeun sareng anjeunna ngintunkeun kuring obat-ubatan anu kuring bageur salami 3 minggu sareng ayeuna kuring ka dieu kalayan hasil anu négatip. Nalika kuring nguji, sim kuring ngaraos bagja pikeun nginum obat na kuring resep bagikeun kasaksian ieu kusabab kuring mangrupikeun kasaksian hirup yén Dr James mangrupikeun master parawatan herbal anu leres.
    HANYA KOMUNITAS DR KANGGO UNTUK KABAYAN SENTAKI
    EMAIL: drjamesherbalmix@gmail.com
    https // www.drjamesherbalmix.wordpress.com
    Whats App +2348152855846

    ReplyDelete